March 28, 2010

Pandalisme Vandalisme & Sampah Plastik

Hallo temen2 semua. :D hehee.
Sekitar 2 minggu kemaren, pas gw baru pulang menyelesaikan liburan semester gw yang cukup membuat 10 % rambut gw rontok dan mengikuti program perbaikan gizi di rumah tercinta bareng mama & ade, gw dikejutkan dengan keadaan kosan gw di Jakarta.
Dan pas gw masuk:
“TIDAAAAKKK!! OH MY GOT, ini rumah ato kapal pecah??” (*masih blom bisa bahasa inggris)
*Esyunow, gw kan tinggal ama temen2 gw 4 orang lainya yg udah pada kerja & nyewa rumah gitu disini, dan pas gw datang siang itu, mereka2 masih pada kerja.
Yupz, rumah ini sangat sangat sangaaaaaattt berantakan. Maklum, yang tinggal cowo semua. Jadi beginilah keadaannya.
Alhasil hari itu, terpaksa gw jadi CINDERELLA. Gw menghabiskan 4 jam penuh buat ngeberesin rumah yang super berantakan, kamar gw yang lebih mirip sarang burung gagak, ngeberesin kamar mandi, buang2in sampah plastik & kertas yang ga perlu, nyuci piring2 kotor yang menurut pandangan seni gw lebih mirip candi [saking numpuknya] & nguras lemari es yang isinya macem2.
FIUUUHHHH…
*sambil menyeka keringat di hidung.

Aniwey, tanggal 27 kemaren tepatnya, gw buka salah satu e-mail dan gw liat ada kompetisi green life style yang diposting lewat milis. So, gw langsung cek tekape
di sini.
Dan gw pikir, gw akan nulis tentang sesuatu tentang tema itu [kalo nyambung.. :D]. Bukan apa-apa, cuma sekedar mau sharing aja [sukur2 dapet :D hehee], ga tau nyambung atau enggak judul ama temanya, tapi semoga bermanfaat buat kita semua. Selain itu, gw juga emang baru buka blog tercinta gw ini lagi. (
*Ga nyangka followers-nya udah ada, padahal ga pernah di publis ke orang-orang) Karena kesibukan UAS dan liburan gw di kampung yang menyebabkan gw tersiksa cuz ga bisa konek internet, so..ahirnya dipending untuk posting2an di blog ini.
Dan postingan gw kali ini adalah tentang… Jreng..jreng..jrengggg…
VANDALISME.

Tapi bukan panda yang ini..

















*Panda-nya ketakutan banget, tahu kalo mau gw publish di blog, trus pura2 sakit perut.

Atau panda yang ini..




















Waduh,,bukan juga!! “Maaf ya Cici Panda, walaupun lo udah berpose dengan cantiknya, tapi postingan gw saat ini bukan tentang lo.” *ngarep
Jadi apa?
VANDALISME. Tapi artinya bukan aliran atau paham panda, atau kumpulan orang2 yang mau jadi client yang mau cari anaknya yang ilang di program termehek2.
Tapi vandalism disini artinya suatu sikap kebiasaan yang dialamatkan kepada bangsa Vandal, pada zaman Romawi Kuno, yang budayanya antara lain: perusakan yang kejam dan penistaan segalanya yang indah atau terpuji. Tindakan yang termasuk di dalam vandalisme lainnya adalah perusakan kriminal, pencacatan, grafiti, dan hal-hal lainnya yang mengganggu mata.
(Sumber: Wikipedia)
Buat gw, kata-kata terakhir yang berbunyi
“hal-hal lainnya yang mengganggu mata” itu maknanya sangat luas, termasuk MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN.
Intinya dalam tulisan gw kali ini, gw akan bercerita tentang pegalaman gw dengan sampah2 itu [terutama sampah2 plastik].
*+ Lho, jadi dari tadi blom masuk ke intinya Mas??
– Tadi kan cuma intro Mba. Hehee.

Begini ceritanya.. *ditirukan dengan gaya bicara Caroline Zachrie di program Kismis (program tivi jadul yang ngebahas makanan2 & kue yang dibuat dengan kismis)
Dulu pas gw masih jaman2nya SMA (SMA Negeri 1 Kota Sukabumi) dan punya pacar, cewe gw selalu bilang. “Ih vandalism!!” ini gara2 gw baru balik jajan bareng beli snack
(*maaf..bukan uler), trus pas gw buang, eh ternyata kena muka kepsek, trus gw dipanggil ke ruangannya, tiba2 gw di DO dengan sangat terhormat, pake upacara segala. :D hahaa.. ngarang banget. Yang itu boong.
Ini dialog versi aslinya:
*diperankan oleh temen2 model..

"lalalaa,,laalalaa.." Jalan berdua di selasar sekolah, balik dari kantin abis jajan...


: "ehm.." (membuka topik pembicaraan, karena merasa ga diperhatikan, cuz gw sibuk dengan makanan2 gw sambil jalan2 sok asik, trus buang sampah di sana sini – salah satu ciri cowo yg ga bertanggung jawab)


: "knapa 'yang..?" (panggilan kalo lagi baik2an),,kamu batuk, keselek makanan??



: (agak kesel) "ngga,,kamu tuh ‘yang,,ga boleh gitu.."


: "ooo..ga boleh makan banyak??" (gw sadar dengan lipatan tubuh gw yang udah mencapai 4 tingkat waktu itu, trus gw buru2 buang sisa makanan itu)



: "bukaaann!!" (kali ini temponya agak keras, padahal dia orangnya pendiem lho..)



: "trusss?!" (dengan wajah polos dan dodol..)



: "kamu itu lho ‘yang,,ga boleh buang sampah sembarangan, vandalism tau!!


: "ooo..gitu,,"(ngangguk2 sok ngerti,,waktu itu kan masih bodoh,,pertamanya gw mikir kalo dia bilang vandalisme itu dia nyoba nyinggung gw secara kasar halus kalo perut gw itu udah kayak Panda..tapi gw pikir ngga deh kayaknya, sembari minum aer kemasan,,trus gw buang lagi..kali ini ke tempat sampah, tapi ternyata ga masuk, cuz gw ngelempar dari jarak 10 meter dengan gaya michael Jordan..ahirnya cewe gw mulai geram, bumi gonjang ganjing, langit berubah jadi gelap, trus ada petir dimana2..)

: "tu kan lagi.." :(



: "sori..sorii..itu kan ga sengaja ga masuk."



: "ambil!! Masukin yg bener ke tempatnya lho."


: (gw nurut aja jadinya, cuz takut pas pulang gw di kasih SP..trus masih di selasar kelas, ahirnya gw nanya2 tentang vandalimse tadi ) ‘yang,,pandalisme tadi itu apa sih? (saking dodolnya, tulisannya aja ga tau) Aliran panda?

: "bukan jelek,,vandalism itu…bla..bla…bla…blaaa…" (dia cerita panjang lebar, dari mulai sejarah romawi kuno bangsa vandal ampe tentang buang2 sampah tadi.. sampai ahirnya tiba di kelas,,)

: *dalam hati berkata… “oh tuhan, terima kasih telah nyelametin gw dari ceramah itu..”



Nah, kayak gitu kira2 ceritanya. Dia sering banget ngingetin gw tentang masalah buang sampah tadi. Dan ternyata berhasil sampai sekarang, sampai gw duduk di bangku kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sekarang. Walaupun gw udah ga bareng lagi ama dia, tapi kebiasaan ga buang sampah sembarangan yang dia coba ajarkan ke gw bener2 melekat. Dari mulai buang sisa plastik permen, plastik snack2, aer kemasan, dan sebagainya. Malahan, ada kebiasaan2 gw sekarang yang mungkin salah satunya dibilang aneh, tapi menurut gw itu lebih baik, diantaranya:

  • Gw suka nyimpen2 sampah jajanan di tas gw. Kalo misalnya gw abis jajan, trus ga ada tempat sampah, biasanya gw masukin kantong celana atau dimasukin tas dulu. Baru nanti kalo ada tempat sampah, gw buang itu sampah sesuai dengan jenis2 sampah tersebut, masuknya sampah organik atau anorganik, seperti yang ada di kampus gw. Kecuali kalo ga ada pemisahan tempat sampah tersebut, maka terpaksa di campurin aja.

  • Terus terang, gw juga jadi jarang jajan di kampus (hanya sesekali doang, kalo emang lagi laper banget), , selain emang untuk mendukung program green life style gaya hidup gw walaupun masih dalam hal-hal yang kecil, gw juga lebih memilih makan dulu di rumah, baca2 buku di saat yang lain pada jajan, truuusss..bisa ngehemat uang jajan juga tentunya.. (tips hemat ala anak kost :D hehee)

  • Gw juga jadi sering bawa botol minuman dari rumah. Gw beli botol minuman, trus gw isi aer di rumah. Selain emang kita jadi tahu kualitas aernya, sekali lagi..ini juga salah satu hal kecil yang bias kita lakukan untuk mendukung program green life style, biar ga banyak sampah botol minumen dimana-mana dan juga…bisa menghemat uang jajan kita. :D hehee.. *ini tentang green life style atau tips hidup hemat sih? Hahaa.

  • Kalo belanja, biasanya gw masuk mini market yang gw tau mereka nyediain plastik ramah lingkungan yang bisa daur ulang sendiri. Misalnya kayak di indo***** (ga bermaksud ngiiklanin sesuatu). Atau pantang bawa2 kresek dari warung kalo cuma sekedar beli mie instan & telur, atau kalo belinya agak banyak, biasanya gw bawa tas kaen yang gw dapet dari souvenir pas bulan2 kemaren gw ke kedubes aussie. :D Atau masih inget, jaman2 dulu kalo kita suka nganter ibu2/ema2 kita belanja ke pasar, beliau2 tu suka bawa tas anyaman dari rotan. Nah, kayaknya itu lebih efektif dari pada bawa2 kresek banyak. :D

  • Trus juga kalo lo sering bawa2 tisu, menurut gw lebih baik bawa sapu tangan aja. Cuz karena ntar sampah dari tisu & plastiknya bisa banyak dan menumpuk. Kalo bawa sapu tangan kan lebih hemat, kalo pun kotor, tinggal cuci kan? :D

So,mungkin itu hal-hal kecil yang biasa gw lakuin. Sebenarnya masih ada lagi yang lainnya, tapi yang ditulis kali ini tentang yang ada hubungannya dengan upaya mengurangi sampah plastik aja. Banyak manfaatnya lho buat kita kalo mulai menerapkan gaya hidup hijau (Green Life Style) dari sekarang. Misalnya mendidik kedisiplinan lo dan kepedulian lo terhadap bumi. Sekarang gw jadi suka risi, kalo ngeliat sampah2 bertebaran atau ngeliat kamar berantakan. Sampai suatu saat gw pernah dibilangin ama seorang cewe,,”Aku tu suka sama kamu, karena kamu tuh ganteng orangnya rapi.” :D hehee..



Mulai sekarang, mulailah untuk membuang sampah pada tempatnya. Dan seenggaknya, lakuin hal2 yang tadi sempet gw sebutin diatas. Sekalipun hal itu kecil, tapi berdampak besar buat hidup kita & bumi tercinta ini di masa depan. Karena siapa lagi yang akan peduli sama bumi yang cuma semata wayang ini, kalo bukan KITA.



Keep Clean, Be Healthy & Go Green Life Style.



Cheers… :)







6 komentar:

yang penting hidup said... (Reply)

guuud guuud guuuud dis is may hebbit

Eby said... (Reply)

yup, hal yang sama sudah aku terapin dari dulu. prinsipnya "kalo kita tidak bis amengurangi, minimal jangan menambah". karena kita gak mau mungutin sampah yang berserakan satu persatu di jalan, lebih baik kalo kita tidak menambah sampah-sampah itu. teman-teman dan keluarga juga heran kalo isi tas banyak sampahnya. tapi bahagia rasanya kalo bisa menyelamatkan bumu walau dengan upaya terkecil.

sulhadi said... (Reply)

izin bookmark dah, baca lain hari, soalnya gi kerja gam,..

mampir juga ke ane yah, http://sulhadi.co.cc

Nan's Blog said... (Reply)

@ yg penting hidup: lanjutkan.. :D hehee
@ eby: hebat.. :) "kalo kita tidak bisa mengurangi, minimal jangan menambah" LIKE THIS..
@ sulhadi: thanks udah di bookmark sgala.. ok menuju tekape.. :D hehee

bentanio said... (Reply)

keren artikelnya

titip lapak ya, saya bloger pemula pro lingkungan

bentanio.blogspot.com

Nan's Blog said... (Reply)

@ bentanio: makasiii.. ;D silahkan..

Post a Comment