April 17, 2008

Dianatasya Ratuliu

Ooo iya hampir lupa, hari ini hari ke tujuh setelah ade bayi lahir, jadi saatnya buat selametan ngasih nama. Aku emang ga ngehadirin secara langsung sich, taunya juga dari Ayah. Sapa yach namanya?
Nama yang tepat untuk seorang bayi bukan hanya dari indahnya susunan huruf maupun enaknya didengar ditelinga kita. Tapi kita juga harus memikirkan arti maupun identitas yang melekat pada nama tersebut. Dari sejak Ibu mulai ngidam, ibu udah emang nyiapin nama buat ade bayi. Tapi kemaren, ayah nelpon nanya nama yang direkomendasiin aku buat nama ade bayi itu. Syukur aja kalo misalnya di pake. Rekomendasi nama dari ibu buat ade bayi emang memiliki nilai sejarah tentang gimana perjalanan ia ampe bisa brojol. Namanya "Ratu Dianatasya". Sedangkan nama dari aku sendiri ga jauh beda, cuma dibalik, aku ngerasa dalam pelafalannya aga kurang balance, jadi aku ubah jadi "Dianatasya Ratuliu" yang akhirnya nama ini juga yang di anugerahkan buat ade bayi. Kakanya yang ngasih nama ;-) he..he.. Sama sekali aku ga sembarang ngasih nama ini, atau sekedar nyontek-nyontek nama orang. Kata "Ratu" emang udah menjadi default nama kalo yang lahir bayi cewe, *ada juga alasan lain sebenernya :-) secara 2 anak yang berturut-turut keluar dua-duanya cowo. Jadi bayi cewe bungsu ini harapan terbesar Ibu dan juga keluarga besar. :-) Dan Alhamdulillah, Allah mendengar do'a kita. Kata "Dianatasya" sebenarnya berasal dari kata dasar Dian, ceritanya waktu itu Ibu mulai anyar-anyar ngidam pas abis dari Mesjid Kubah Emas Dian Al-Mahri. Jadi nama Dian itu dimasukin juga buat nama ade bayi. Juga ditambahkan kata "Tasya" yang berarti "jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna". Karena kalo kita ngambil nama yang dari Ibu jadinya Ratu Diana dong (Ratu Inggris / Lady Diana). Sedangkan kata "Liu" yang aku tambahin biar balance berarti "Keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan". Jadi kalo kita gabung nama "Dianatasya Ratuliu" yang aku dapet setidaknya memiliki makna kaya gini:
- Pekerjaan yang sempurna
- Beribadah, baik dan sopan
- Pengampunan dan kemerdekaan
- Jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna
- Sifat pengasih dan penyayang
- Kesempurnaan dan kebaikan
- Umur panjang dan bahagia
- Pesta, kegembiraan dan pernikahan
- Berhasil dengan baik, cerdas dan beruntung *jadi kayak tukang ramal...
Alhamdulillahi rabbil'alamin, Segala puji bagi-Mu Ya Allah. Aku sayang ama kamu, ade cewe aku, aku akan sedia membimbing kamu, aku janji akan ngelindungin kamu ampe kamu beranjak dewasa nanti. Semoga juga nama yang aku kasih buat dia, memberikan berkah dan segala yang terbaik buat kehidupan dia dan keluarga besar kami. Aku harap, kamu jadi wanita yang solehah, yang mau mengangkat derajar orang tua, keluarga, dan saudara. Amin.

Ultah Ayu


"Ndg lg dmn skrng?Klo bza k rmh y da acra mkan2 tp Ndg ja sndr jgn ksh tau sapa2 key..."
Mulanya ga tau apa maksudnya Ayu ngirim sms kaya gitu. Eh pas inget sekarang tanggal berapa, aku baru nyadar kalo Ayu ultah hari ini. Kontan aja aku yang kebangunin ama sms-nya dia langsung bales, trus ngucapin met ultah. Mo ke rumahnya sekarang, blom mandi blom apa. Ayu sebenernya ngomong katanya ke rumahnya ntar aja, cuz temen-temen cewenya juga pada blom dateng, pada mau ketemu Ndg katanya. Aaahhh..ga tau dech. Ya udah aku tidur lagi aja. Hari ini aga males-males gitu. Eh pas sore dateng, aku bangun, sms dia udah banyak aja. Nyuruh dateng ke rumah. Ya udah aku dateng aja, tanpa mandi dan masih make celana tidur aku. Nyampe rumahnya dia, gile...cewe-cewe udah pada ngumpul aja tuch. Senyum-senyum ga tau kenapa. "Ambil aja tuch di dapur" kata c Mamah. Tapi karena masih males, trus liat di ada karus lantai yang masih di gelar di ruang tengah depan TV, ya udah aku tidur-tiduran lagi aja, sebelum akhirnya di ambilin makan ama c mamah. Anak-anak cewe ma ga tau di ruang sebelah, ada juga yang ngeliatin aja. Lucu kali ya blom mandi.