April 4, 2008

Seminar with Mr.Yunan

Hari ini hari jum'at. Kata siapa emang hari ini hari sabtu. Besok sich iya. Ga penting!!!
Jum'at itu hari terakhir aku kuliah dalam kurun waktu seminggu. Aku berangkat kuliah seperti biasanya, ga ada yang berubah. Masih dalam suasana haru atas kembalinya identitas si hitam. Kali ini aku harus dan akan lebih berhati-hati dalam menjaga apa yang menjadi milikku. "Miliki apa yang dicintai, dan Cintai apa yang dimiliki".
Sekitar jam 2 kurang beberapa menit aja, aku udah stay di OCR4 yang merupakan habitat aku untuk porsi hari Jum'at. Pa Ferdi juga dateng ga lama setelah aku mulai menjalankan Query Analysis & Opera pengiring aku belajar. :-) Lumayan, bisa dowload-download dikit...kalo komputer ga di take over dari server. Pa Ferdi ternyata ga langsung ngebahas lanjutan Implementing Indexes yang jadi topik utama sebelumnya, dia bilang hari ini CCIT ngadain kuliah bersama dan diharapkan untuk bisa ikut hadir dalam acara tersebut. Setelah berbagi pendapat bareng anak-anak yang laen baiknya gimana, akhirnya kita semua mutusin untuk ikut dalam acara yang berlangsung di Gedung Dekanat FT UI, tepatnya di Ruang Rapat Chevrontexaco bersama praktisi IT Bpk. Yunan Fauzi Wijaya S.Kom (* masih ada gelarnya lagi c, tapi..lupa..maaf). Tema kali ini adalah mengenai Kesempatan dan Peluang Kerja dalam Dunia IT. Acara yang dibawa oleh Bu Emma selaku MC ini memang benar-benar bagus. Apalagi mendengar secara langsung apa yang Pa Yunan presentasikan di depan. Its great!! Ternyata dunia IT itu luas. Semua bidang membutuhkan IT. Dan ternyata, menurut data statistik menunjukan bahwa kebutuhan akan orang-orang IT di Indonesia sendiri itu masih sangat banyak. Data terakhir menunjukan kurang lebih 23% dari kebutuhan akan orang-orang IT, namun yang tersedia hanya sekitar 19% aja. Dan yang paling jadi perhatian aku adalah ketika Pa Yunan membahas tentang persiapan memasuki dunia IT. Ada beberapa poin penting yang aku sempat kutip, diantaranya:
- Apakah seriuus memasuki dunia IT?
- Usahakan Index Prestasi (IP) diatas 3.00
- Latihan Psycho Test
- Pelajari tren IT yang ada saat ini
- Jangan mengandalkan dari hanya kampus
- Cari side job (wawasan & pengetahuan)
Wah..wah..wah..poin pertama tadi rasanya menjadi semacam pengkajian ulang tentang seorang Nandang yang memutuskan kuliah di bidang ini. Ini jadi semacam motivator juga buat aku. Semoga aja.
Oo..iya aku ucapin selamat buat Om Agus!!You are the great Programmer.