March 27, 2008

Sending Failed

sebenernya..
tadi ketika aku nulis dongeng ikan lemes ketemu hiu itu ada..
orang laen yang aku ga kenal...dulunya
temen...
trus jadi sahabat satu terbaik aku ampe sekarang.. :-)
Hasan...sebuah nama yang terpaksa dianugerahkan Pa Cucu, mengingat dia punya kaka namanya Husein..
mestinya Hasan yang Husein...
ya..malem ini dia nge-esemes orang yang lagi duduk-duduk di kursi lagi fokus ngegerakin jarinya buat ngetik sesuatu tentang ikan :-0 he..he..
rgstr#Hasan: " Assalamualaikum wr.wb. Nan? Gmn kbrx?"
begitulah kira-kira isi smsnya dia. memang udah lama juga dia ga ngasih kabar apa apa, aku sendiri juga gitu sich. tapi disertai dengan alasan-alasan yang pasti..
....
waktu itu aku makan dulu...coz dari tadi c teteh manggil-manggil. aku pergi ke dapur, di liat diatas meja ada sepotong goreng telor dadar + mie goreng yang udah mulai dingin..aku makan aja..tadinya mau masak mie dulu biar aga anget-anget makannya..tapi..males ah..udah malem...tadi siang udah makan 2 mie instan + soto ayam...kemarennya lagi malah lebih parah, saking lapernya...langsung aku lahap mie instan 2..
...
masih blom kenyang juga...
...
aku masak lagi aja 2...
...
Pertanyaan:
Berapa jumlah mie yang orang rakus ini makan dalam satu waktu yang sama??
Hitung juga rata-ratanya berapa banyak dia makan mie dalam sehari?
Jawab:
USE database_daily
SELECT nama_makanan, "Total Mie" = SUM (jumlah_mie), "Rata-rata" = AVG (jumlah_mie)
FROM makan
WHERE jumlah_mie = 2
GROUP BY nama_makanan
Hasilnya:
nama_makanan Total Mie Rata-rata
--------------------------------------------------------------------------
Mie Instan 4 2
--------------------------------------------------------------------------
..........
aku jalan bawa makanan seadanya ke ruang tengah..aku liat c teteh juga udah pules tidur..sinetron TV masih blom selese..aku makan aja ampe tinggal nyisa piringnya doang...
cuci tangan...
minum...
kembali ke tempat semula...
baru aku ngetik reply buat sms hasan..
....
waktu itu aku bales kaya gini..
rgstr#Ndg: "alhamdulillah, baik2 aja koq, Hsn gmn??tumben nich inget ma orng ni? ;-) "
....
....kemana ya...
....
aku sms lagi
rgstr#Ndg:"bla...bla...bla...bla...bla..."
....
....
...sending message...
....
...sending failed rgstr#Hasan Retry??
...Yes
...
...sending message...
....
...sending failed rgstr#Hasan Retry??
...Yes
...
...sending message...
....
...sending failed rgstr#Hasan Retry??
...Yes
...
...sending message...
....
...sending failed rgstr#Hasan Retry??
...No!! :-(
...Message saved in Outbox...
...
back..
back..
back..
....
...*388#...
...OK...
....................................................................
"Pulsa IM3 Rp.50.
Pulsa SMS Rp.0 s.d -.
Aktif s.d 21/07/08.
Paket SMS 0 s.d -.
Bonus SMS 0 s.d 30Apr08.
Info: Ketik *333*1#
utk SMS Gratis."

....................................................................
apalagi kalo nelpon..si mba-nya malah bilang...
"Sisa pulsa Anda tidak cukup untuk melakukan panggilan ini"
....
ok mba aku nyerah dweh...(kaya Fani..."dweh...") :-D
ya udah lah...gara-gara aku juga, kelamaan bales sms dia..
"..happy nightmare.."
...
[jangan lupa!!
gosok gigi...
salat isya...]
...

Zest!!

Waktu itu jam menunjukan waktu yang hampir habis untk sebuah jam istirahat,ya..sekitar beres salat dzuhur lah..masuk seorang anak ke dalam kelas 3 IPA 3 yang hingar bingar kaya pasar subuh Blok-M..anak ini sedikit unik, rambutnya yang agak banyak, bentuk wajahnya agak bulet, postur tubuhnya...matanya...hidungnya...dan yang paling khas dari semuanya itu adalah senyumannya yang maut. sekali senyum, cewe-cewe IPA 3 yang kebanyakan JomBLo langsung mikir yang ngga-ngga..(dalam "...) termasuk cowo-cowonya juga mungkin...tapi disini ngga termasuk aku..sesuai penelitian aja..temen sebangku aku di kelas 3 pernah juga jadi korban.. :-) udah kaya prangko pake ditempelin power glue..
anak ini masuk dengan gaya jalannya juga yang beda...
ga ada angin, ga ada ujan...yang ada cuma anak-anak laen yang emang udah duluan dateng dari kantin, atau dari mesjid juga atau nongkrong di lab, ata so punya kepentingan ke ruang guru atau yang abis olahraga siang...atau cewe yang g ke mesjid cuz lagi dapet..."
tiba-tiba....
anak ini ngomong...
"Zest!!! Zest!!..."
^!*&%#&&!%$&&)????!#$?K!$)!&)??
***********
[maaf-maaf aja ni mas..sebenernya kita lagi ngomongin sapa nich??]
ya elah...blom connect juga to..itu tuch..yang inisial namanya "Y", huruf keduanya "o" trus...
oOoo..Yosa?
itu temen SMA kelas 1 dulu..
Yono..??
itu mah anaknya tetangga di kampung
Yopi..??
lebih parah lagi..yang jelas bukan artis lah..
ane tau neehh...
Yoga??
adu..salah mulu seeeehhhh, kan tau sendiri blom di lepas dari kebun binatang..abiznya dia kebanyakan mukul-mukul Hanamichi..
Yusep??
Euleh...euleh..makin ngaco..itu mah guru aing si teh..!!
Yonse..??Nah..aga mendekati...itu nama khusus malemnya dia..
kalo gitu orangnya pasti "Yosep Andriana" anak Ciemas bin Bapa Odos..yang tinggal di Perum..suka bawa buah ke kelas,and....dulu pernah jadian ama temen sebangku kamu juga??
bener banget..itu nte tau...
************
cerita kembali berlanjut..maklum,ini omongan khusus orang intelek..buat orang tadi tu blom nyampe..
"Zest!!....!!" kata inilah yang sering Yosep ucapkan akhir-akhir ini..ntah dari mana ia dapetnya..yang pastinya buat aku sendiri ini menyimpan sederetan kenangan indah sewaktu muda dulu...memang, saat itu adalah bulan-bulannya anak kelas 3 lagi rajin-rajinnya belajar buat ngadepin kurang lebih 6 Jam dalam 3 hari mempertaruhkan hidup dan mati..nentuin cerita tiap orang..apakah akan berlanjut atau ngga, atau cuma berhenti ampe sini aja..
semangat kala itu memang sangat dibutuhkan, karena kami juga ga mau mempertaruhkan 3 tahun lamaaaaaaaaaanya..untuk beberapa jam aja..
khusus anak ipa 3 sendiri yang kata orang pinter-pinter (kecuali orang yang nulis ini: dipertanyakan...) pada sibuk sana sini, fotocopy soal lah...nanya-nanya guru...malemnya ga bisa tidur..ngebahas soal bareng-bareng lah katanya di kosan samping sekolah...apalagi dengan anak-anak kelas 3 lain yang jauh lebih pinter...(makanya..anak ipa3 jangan geer juga tu tadi..)
mereka juga pada sibuk, ga mau kalah...
...
"Aaaa..makan!!"
"Iya teh..ntar ja.."
...
ada beberapa kiranya kebutuhan yang mutlak kita perluin ngadepin saat-saat kaya gini..salah satunya "semangat"...sesuatu yang tadinya ga mungkin, mungkin akan jadi mungkin..karena semangat ini menuntut seseorang untuk disiplin..konsisten, dan masih banyak lagi relasi hanya dari kata "semangat"..hidup itu ga datar, hidup juga ga seperti jalan tol Tb.Simatupang, juga ga seperti pohon tak bercabang..hidup itu bergelombang, seperti jalan ke rumah si nandang waktu liburan dulu, dan persis seperti pohon yang memiliki banyak cabang. kita ga usah mikir pohon apa ini..yang pastinya orang sering bilang hidup itu ga selamanya indah. hidup ini punya tantangan. barang siapa yang mengaku kalau dirinya punya barang dan merasa hidup di dunia yang luas ini, pasti..dan selalu pasti ada yang namanya tantangan dalam hidupnya dan sama sekali ga pandang gender atau status..ketika Allah berkehendak, semuanya mungkin, termasuk buat aku sendiri, ataupun buat seorang petinggi negara seperti presiden, semuanya ga luput dari yang namanya tantangan. disini ga ada yang namanya kebal hukum. ingat satu hal, bahwa kita diciptakan di dunia ini adalah untuk memakmurkan isi dari dunia itu sendiri, dan tanpa kita berfikir rasanya...ya..semuanya perlu pemikiran, bukan cuma untuk membedakan antara hewan dan manusia aja..
tantangan perlu dihadapi.."fight this challenge"..kalo ngga, mungkin ga ada yang namanya cerita seorang nandang lulus..ga ada ada cerita seorang nandang bisa sampai segede ini...memang ada konsekuensinya dari menghadapi tantangan..gagal misalnya..sangat disayangkan memang, sudah jauh kita berjalan tiba-tiba jatuh kena lobang..tapi disini kita ga mesti menyerah.. "don't give up" kalo kata Josh Groban..mari bangkit kembali..lobang yang menjadi sebab anda jatuh juga ga nyampe 1 meter...dan mesti malu kayaknya ke si Simon, kucing bulu orange..dia masih bisa berjalan ketika kakinya sakit..dan coba sejenak kita jalan keluar biar orang ga nyebut kita katak dalam tempurung..banyak orang yang jauh lebih lemah dibawah kita yang dengan segala kemampuannya masih mau dan berjuang untuk mempertahankan hidupnya..
segimanapun kita hidup, kita akan selalu berdampingan dengan tantangan..ketika tantangan itu ga ada, orang ini akan lemas atau mungkin lebih tak berdaya. semangat hidup kala tantangan ini datang harus menjadi leader dari semuanya...
....
"Aaaaaaa...makan udah malem.."
"ntar aja Yog...nanggung ni.. dasar bawel"
....
"Smgd Ndg.."...setidanya itu yang dikatakan Bunda tanggal 16 Februari lalu..aku selalu ga ikhlas ngadepin ini, ngadepin satu orang yang jelas-jelas emang udah ngambil keputusan buat aku..sungguh sulit, terlebih ini yang pertama buat aku..dan mungkin yang keberapa puluh kali aku mengeluh tentang hal yang sama ke Bunda...
tantangan dan semangat itu memang suatu korespondensi yang bagus. tantangan bukan untuk manusia aja yang katanya punya akal..buat hewan juga..
ada cerita menarik yang pernah aku baca di sebuah tabloid tahun 2005 duluuuuu ga jauh dari tanggal ultah aku...
gini ceritanya...
kita tau kan masyarakat Jepang dikenal banget ama masyarakat dunia suka mengkonsumsi ikan. ini juga mungkin ya yang membuat orang berkesimpulan kalo orang Jepang itu pinter-pinter. konon katanya, daging mentah yang masih segar lebih digemari dari pada ikan yang udah dimasak. Makanan dengan bahan ikan mentah juga menjadi lebih mahal karena untuk menjaga kondisi sang ikan yang telah ditangkap dari laut, bukan suatu perkara yang mudah. makanya nelayan berupaya membawa ikan tangkapannya tersebut pulang dalam keadaan masih hidup. akhirnya nelayan-nelayan itu juga membawa tong-tong besar dalam kapal mereka buat wadah ikan hasil tangkapan. walaupun ada sebagian yang lemas atau ada juga yang sampai mati, nelayan masih bisa membawa sebagian ikannya yang lain hidup sampai daratan. tapi, tantangan muncul lagi, pelanggan yang sebagian besar manusia masih belum puas sesuai dengan kodratnya yang rakus. mereka menuntut untuk bisa membawa ikan dalam keadaan sehat dan bugar kaya abis fitnes. mereka ga mau ikan yang udah pada lemes atau udah hampir putus nyawa buat di konsumsi. emang sich kata bu wahban juga, ikan itu kaya akan protein hewani yang jelas-jelas diperlukan tubuh kita. bukan orang jepang dong kalo ngadepin masalah kaya gini aja nyerah. mereka nyoba berbagai macam cara agar ikan-ikan tangkapan tetap segar. akhirnya, setelah mencoba beberapa muslihat akhirnya nelayan ini berhasil membawa ikan tangkapannya dalam keadaan ga loyo-loyo. ikan ini begitu gesit berenang di dalam tong penampungan. pelanggan pun gembira.
sekian.

[mas...mas...koq ga dilanjutin sich...]
o iya...dasar bawel ni orang...mikir dulu dong...pengen tau kan apa rahasianya????
ternyata....
...
...
...
...[woi...ngabisin halaman nich..]
...
...
...
...
rupanya..nelayan sengaja memasukan beberapa ekor hiu kecil ke dalam tong penampungan bersama ikan tangkapan mereka. ika-ikan yang merasa kehidupannya terancam oleh kedatangan cucunya mbah Hiu, selalu ada dalam kondisi waspada kaya bang napi. rasa takut membuat ikan-ikan itu senantiasa berlarian sehingga mereka tetep bugar setibanya di pantai.
ya allah...
laper eung...blom makan...
bentar lagi ah..
nah..ilustrasi kaya tadi tu kiranya akan memberikan suatu hikmah tentang arti sebuah tantangan. ikan-ikan yang ada di dalam tong tetap segar dan gesit karena selalu berdampingan dengan tantangan hidup. demikian juga dengan manusia seperti apa yang tadi aku bilang, jika hidup tak lagi memiliki tantangan, ia akan cepat renta dan merasa hidunya sia-sia..
udah ya..

makan aahh...laper nich...
"Zest!!!"